Pengelompokan Tumbuhan

Tumbuhan Secara Sederhana dapat dikelompokan sebagai berikut :
1.    Tumbuhan Perdu/Semak
Tumbuhan perdu adalah tumbuhan yang umumnya berakar tunggang, berbatang kayu, hidup bergerombol lebih dari satu pohon, cabang, ranting dan daunnya tumbuh bergerombol. Contoh : mawar, melati dan kumis kucing.
2.    Tumbuhan Rumput
Tumbuhan Rumput adalah tumbuhan yang memiliki ciri-ciri berakar serabut, batangnya beruas-ruas dan berongga, daunnya berbentuk pita, tulang daunnya sejajar dan menempel langsung pada batangnya. Contoh : padi, jagung, bambu, rumput, tebu, gandum.
3.    Tumbuhan Liana
Tumbuhan liana adalah tumbuhan yang tumbuh memanjat tumbuhan lain yang lebih besar dan tinggi untuk mendapatkan cahaya matahari, tetapi akarnya tetap berada di dalam tanah sebagai sarana untuk mendapatkan makanan. Contoh : rotan, anggur, monkey ladder.
4.    Tumbuhan Paku
Tumbuhan Paku adalah tumbuhan yang mempunyai ciri-ciri berakar serabut, batangnya berada di dalam tanah, kalaupun muncul batangnya pendek, ujung daun mudanya menggulung dan menghasilkan spora untuk berkembang biak. Berdasarkan dari bentuk, ukuran dan susunannya tumbuhan paku dibedakan menjadi dua :
a.         Mikrofil
Adalah kelompok tumbuhan paku yang berdaun kecil-kecil seperti rambut, tidak bertangkai, dan tak dapat dibedakan antara daging dan tulang daunnya. Contoh : paku kawat, paku purba, paku ekor kuda
b.         Makrofil
Adalah kelompok tumbuhan paku yang berdaun besar-besar, bertangkai dan bertulang daun, serta bercabang-cabang, biasanya disebut paku sejati. Contoh : paku semanggi, paku sarang burung, paku tanduk rusa, suplir
5.    Tumbuhan Berbatang/Pepohonan
Adalah kelompok tumbuhan yang umumnya mempunyai ciri-ciri yang serupa dengan tumbuhan semak yaitu berakar tunggang, berbatang kayu. Bedanya dengan semak adalah ukurannya lebih besar, tumbuh tegak, cabang, ranting dan daunnya tidak tumbuh bergerombol. Contoh : Pokon Ek, pohon Beringin, Pohon Nangka, Pohon Pisang dll
Ø Umur pohon yang berbatang kayu dapat kita ketahui dengan menghitung jumlah garis lingkaran yang terdapat pada penampangnya.

 

nurmalasari.sari9@gmail.com