Synkronisasi Dapodikdas 2013

Penting dari grup tetangga...

bagi teman teman Operator yang telah melakukan synkronisasi diharapkan untuk mengecek datanya di web infopendataan dikdas di alamat ip 118 98 166 59 silahkan pakai titik atau silahkan diklik pada informasi di aplikasi dapodikdas sukses tidaknya synkronisasi bisa kita cetak sebagai bukti fisik bahwa synkronisasi telah berhasil dan diberikan kepada kepala sekolah masing masing dan untuk ptk silahkan dicek datanya di p2tkdikdas

cara mengecek synkronisasi kita telah berhasil seratus persen atau belum
silahkan masuk ke situs infopendataandikdas, 
kemudian pilih propinsi anda 
kemudian pilih kabupaten anda 
kemudian pilih kecamatan anda 
cari nama sekolah anda dan klik nama sekolah anda lalu masukkan kode registrasi sekolah untuk melihat data rinci pada sekolah yang ditangani oleh masing masing operator. 
1. periode aktif adalah 20132 untuk semester dua jika masih tercatat 20131 maka kita belum berhasil synkronisasinya, silahkan dicoba lagi 
2. data rincian ptk, meliputi jumlah ptk, nama, nik, dan lainnya telah sama dengan di aplikasi
3. jumlah peserta didik telah sama dengan diaplikasi, jika semester 1 kemarin ada nama andi dan disemester 2 andi sudah pindah atau keluar silahkan dimanfaatkan fitur pencariannya, apakah andi masih ada atau sudah tidak ada, jika masih ada berarti anda belum berhasil. begitu juga siswa baru, jika siswa baru masih belum tampil berarti anda belum berhasil synkronnya. 
4. jumlah rombel dan walikelas telah sama dengan di aplikasi 

semua ini saya dapat setelah melalui berbagai macam rintangan synkronisasi yang sangat sulit mengingat didaerah pedalaman sangat sulit untuk mendapatkan signal. sehingga pada log synkronisasi saya sampe 270 kali. 

bagi teman teman yang yang mengalami gagal synkron untuk dipastikan dulu 
1. bisa akses web infopendataandikdas 
2. jika muncul synkronisasi berhasil dan server dalam perbaikan, silahkan akses web infopendataandikdas. karena synkronisasi berhasil jika kita bisa akses web info pendataandikdas 
3. jika synkronisasi berjalan kemudian proses dan baru dua titik jalan lalu muncul peringatan synkronisasi gagal maka permasalahan bisa jadi di jaringan internet anda. jika anda bisa pastikan jaringan internet anda tidak bermasalah maka berarti ada masalah diaplikasi anda, solusinya backup data anda terserah mau pake backup manual atau gimana silahkan anda cari digoogle udah banyak yang share caranya, uninstal lalu instal dapodikdas 206 lewat instaler full. setelah diinstal kembalikan data backup anda tadi lalu login, cek data pastikan benar benar valid dan synkronisasi ulang. 
4. jika synkronisasi berhasil namun tidak ada perubahan data pada web infopendataandikdas dan periode aktif masih 20131 padahal anda synkron semester dua artinya data tersebut tidak sama maka synkronisasi anda bisa dibilang tidak berhasil solusi sama dengan di no 3 solusi terakhir
5. perubahan data setelah synkronisasi kita biasanya muncul paling lambat 6 jam atau 1 x 24 jam, silahkan bersabar, bisa juga 1 jam tergantung nasib baik juga apakah berpihak pada anda atau tidak ( hehehehe) 
6. untuk masalah lain lain silahkan disharekan, saya sebagai operator banyak kekurangan dan masih perlu belajar banyak dari teman teman operator semua. mengenai pengecekan data ptk dan lain lain. 
7. setelah synkronisasi berhasil silahkan direload browser anda atau login ulang, validasi lalu synkronisasi, jika perubahan data telah 0 atau tidak ada data berubah berarti synkronisasi kita sukses, jika anda telah sukses synkronisasi saya sarankan anda untuk tidur dengan nyenyak dan beri laporan kepada kepala sekolah anda serta ajari mereka bagaimana mengecek kiriman dapodik (caranya ada diatas) 

8. karena saya udah capek ngetik, saya minta masukan dari teman teman operator semua mengenai masalah masalah yang saya belum mengetahui, karena keterbatasan ilmu dan pengetahuan yang saya miliki.

No comments