Puasa



Talkshow "NGOPI"
(Minggu, 31 Maret 2019)

Tema            :  PUASA
Narasumber :Tgk Wahyu Ilhami
                      : Tgk Zumairi
Moderator    : Tgk Mulyadi


1). Kewajiban dan keutamaan berpuasa
      Puasa merupakan salah satu kewajiban bagi kita umat islam. Dalam Al-Quran secara jelas Allah memerintahkan untuk berpuasa. Dan disaat Allah memerintahkan segala sesuatu kepada setiap hambaNya maka tidak pernah terlepas dari hikmah dan mashaleh, baik itu kita peroleh sewaktu masih hidup di dunia atau nanti di hari akhirat. Bagi orang yang berpuasa akan memperoleh dua kesenangan.
🌷Pertama: di waktu berbuka.
🌷Kedua: Diketika berjumpa dengan Allah SWT.


2). Fadhilah/Kelebihan berpuasa
      Dikutip dari kitab "Maqasidu As-Shaum" karangan Syaikh 'Izuddin Bin Abdissalam, Adapun kelebihan berpuasa ialah :

1. Raf'u Darajah : Dapat meninggikan derajat
2. Wataqfirul Khati-a : Dapat menghapuskan segala kesalahan
3. Wakasyru Syahwat : Dapat mengendalikan nafsu syahwat
4. Wataqsiru shadaqah : Dapat memperbanyak sedekah
5. Dapat menghindar dari segala goresan-goresan maksiat.

3). Memakmurkan bulan Ramadhan
     🌜Bulan ramadhan bukanlah bulan untuk bermalas-malasan. Kita juga harus melakukan aktifitas seperti biasanya Misalnya mencari nafkah. Dan meniatkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Namun jangan sampai aktifitas-aktifitas tersebut dapat membuat kita untuk berbuka puasa. Dan alangkah lebih baiknya jika bulan ramadhan kita pergunakan untuk memfokuskan diri beribadah, dan bermunajah kepada Allah SWT dengan tidak menyibukkan diri dalam urusan-urusan lainnya.

4). Hal penting yang harus dipersiapkan untuk menyambut bulan suci ramadhan.

1. Mencari ilmu tentang segala sesutu yang berkaitan dengan  puasa. Mencakup di dalamnya tentang hal-hal yang membatalkan puasa, Kelebihan berpuasa, hal yang membatalkan pahala puasa dan lain sebagainya .

2. Membuat persiapan   dengan Raja' dan Khauf (Harapan dan Takut). Intinya harus mempersiapkan diri zahir dan batin mulai dari sekarang. Sehingga nanti tatkala Ramadhan tiba kita sudah terbiasa untuk tidak berbuat maksiat.


TANYA JAWAB

1. Jika kita Memerintahkan anak untuk berpuasa, bagaimana tanggapan tgk?

Jawab : kewajiban berpuasa sama seperti kewajiban shalat. Artinya seorang anak yang belum baligh tidak wajib berpuasa. Namun bagi orang tua menjadi sebuah keharusan untuk mengajak dan menyuruh anaknya berpuasa. Dan puasa mereka tetap sah walau tidak wajib. Artinya mereka akan mendapatkan pahala atas puasa tersebut.

3. Bagaimana hukumnya mencicipi makanan disaat sedang berpuasa?

Jawab : jika mencicipi hanya meletakkan sedikit di atas lidah maka tidak batal puasa.  Namun apabila sudah ditelan maka hukumnya batal puasa. Akan tetapi makruh mencicipi makanan andai tidak berhajat untuk mencicipinya.

3. Disaat sedang berpuasa Bagaimana cara kita menghindari dari orang yang ingin gibah ?

Jawab : Cara menghindari diri dari orang yang ingin membicarakan keburukan orang lain yaitu harus mencegahnya sedari awal. Artinya kita harus berani menegurnya agar hal yang serupa tidak lagi terulang untuk kedepan.


Semoga Bermanfaat 🙏😊
Salam Sahabat Yadara 😊
Silakan share 🤗

No comments