MENINGKATKAN KETAKWAAN DI BULAN SYA'BAN MENUJU BULAN RAMADHAN


*TALKSHOW KANTIN JUM'AT (Kajian Rutin Hari Jum'at) OFF AIR RADIO YADARA 92,8 FM*
*________________________________________📻*
*🗓Jum'at, 5 April 2019*

🖊 *MENINGKATKAN KETAKWAAN DI BULAN SYA'BAN MENUJU BULAN RAMADHAN*🖊

*Narasumber : Tgk Khairul Rijal*
                      : *Tgk Dedi Setiawan*
*Moderator    : Tgk Mulyadi*


*A. Definisi Takwa*
      Secara bahasa ( الغة ) Takwa ialah kepatuhan, ketaatan, serta menjunjung tinggi perintah Allah SWT.

     Adapun secara istilah takwa merupakan "Pubuet surôh, peujiôh teugah. Nyang geularang Allah bek teukeurija. Baik sidroe bak tempat sunyi atauwa diri lam kawan rame". Artinya mengerjakan segala apa yang diperintahkan Allah SWT dan menjauhi laranganNya baik itu disaat berada dalam kesunyian maupun tatkala berada di keramaian.


*B. Dalil-dalil tentang anjuran bertakwa*

1). Q.S. Ali Imran ayat 102

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam. (Q.S. Ali Imran : 102)


2). Q.S. Al-'Ashr ayat 1-3

وَالْعَصْرِ (1) إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (2) إِلَّا الَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ (3)

”Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholih dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran” (QS. Al ‘Ashr : 1-3).


*C. Ciri-ciri orang bertakwa*
 ▪Beriman kepada Alam gaib
 ▪Mengerjakan shalat
 ▪Mau menginfakkan hartanya di jalan kebenaran
 ▪Percaya kepada al-Quran dan kitab-kitab yang diturunkan kepada Nabi sebelumnya
 ▪Beriman kepada hari akhir


*D. Hikmah bertakwa kepada Allah*
 ▪Memperoleh cinta dari Allah SWT.
 ▪Mendapat kemudahan dan kebahagiaan dunia akhirat.
 ▪Mendapatkan petunjuk dari Allah SWT.
 ▪Selalu dalam Lindungan Allah SWT.
 ▪Terhindar dari rasa takut dan sedih


*E. Maqam/Tingkatan Takwa*
 1. Pada posisi yang pertama yaitu orang yang memelihara diri dari azab Allah yang abadi. Ini adalah tingkatan dasar, dimana pada tahap ini seseorang disebut bertakwa tatkala menjauhi diri dari berbuat syirik kepada Allah SWT.

2. Pada maqam yang kedua yaitu orang-orang yang memelihara diri dari perbuatan dosa baik itu secara perkataan maupun perbuatan.

 3. Takwa pada tahap ketiga yaitu orang - orang yang memelihara hatinya untuk senantiasa tidak disibukkan dengan urusan-urusan dunia. Maqam atau tingkatan yang ketiga ini adalah derajat paling tinggi dari ketakwaan.


*F. Pentingnya meningkatkan ketakwaan di bulan-bulan istimewa*

Ra'jab, Sya'ban dan Ramadhan merupakan bulan-bulan spesial yang didalamnya dipenuhi dengan keberkahan . Beberapa ulama mengistilahkan bulan Ra'jab sebagai bulan untuk bercocok tanam, lalu bulan Sya'ban sebagai bulan untuk menyirami tanaman-tanaman dan pada akhirnya bulan ramadhan ialah bulan untuk memetik hasil dari apa yang sudah ditanam.

Meningkatkan ketakwaan di bulan sya'ban adalah suatu hal yang sangat penting. Karena barangsiapa memanfaatkan ketiga bulan istimewa tersebut dengan sebaik mungkin maka Allah akan memberi gelar "Muttaqin", Dan bagi sesiapa yang memperoleh gelar tersebut ialah orang-orang yang sangat beruntung.

 Namun perlu diketahui bahwa bertakwa kepada Allah tidak khusus pada bulan yang istimewa saja tetapi setiap hari, setiap saat hal itu perlu dilakukan karena kita tidak pernah mengetahui kapan kematian itu tiba. Sejatinya kita harus mempersiapkan diri setiap waktu agar ketika kembali kepada Allah dalam keadaan bertakwa kepadaNya.


Semoga Bermanfaat 📻🤝$

No comments