Ini Syarat Penerimaan CPNS Mulai 1 September 2013
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan
Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar, meminta
pejabat pembina kepegawaian menyiapkan sarana untuk mendukung
pelaksanaan sistem Computer Assisted Test (CAT), termasuk spesifikasi
minimal infrastruktur penggunaan CAT.
Permintaan Azwar dituangkan
melalui Surat Edaran Nomor: SE/10/M.PAN-RB/08/2013. Sesuai Surat Edaran
Menteri PAN-RB, pengumuman penerimaan, pendaftaran pelamar, dan seleksi
administrasi CPNS dari pelamar umum yang menggunakan LJK dan CAT,
dilakukan pada 1-28 September.
Kemudian, pelaksanaan TKD pelamar
umum dengan sistem CAT pada 29 September-November. Sedangkan pelaksanaan
TKD pelamar umum dengan sistem LJK, dilakukan pada 3 November.
Bagi para peserta tes CPNS, demi menghemat waktu akses, diminta menyiapkan data-data dan dokumen pendukung minimal, yaitu:
- Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP)
- Tahun dan nomor ijazah pendidikan terakhir
- Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) transkrip nilai pendidikan terakhir
- Berkas pas foto digital warna berukuran 200x150 piksel dalam format JPEG (dengan nama ekstensi JPG) dan maksimal berukuran 30 KB.
- Berkas fotokopi digital ijazah dan transkrip dalam format PDF (dengan nama ekstensi PDF) dan maksimal berukuran 500 KB
- Surat elektronik (e-mail) yang biasa dan selalu Anda akses secara berkala. Informasi khusus akan disampaikan melalui surat elektronik secara langsung
- Judul dan abstrak tugas akhir/tesis/disertasi
- Untuk pelamar lulusan luar negeri, diwajibkan melampirkan surat keterangan penyetaraan ijazah dari Dikti Kemendikbud, atau surat keterangan telah mengajukan permohonan penyetaraan ijazah.
- Tahun dan nomor ijazah pendidikan terakhir
- Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) transkrip nilai pendidikan terakhir
- Berkas pas foto digital warna berukuran 200x150 piksel dalam format JPEG (dengan nama ekstensi JPG) dan maksimal berukuran 30 KB.
- Berkas fotokopi digital ijazah dan transkrip dalam format PDF (dengan nama ekstensi PDF) dan maksimal berukuran 500 KB
- Surat elektronik (e-mail) yang biasa dan selalu Anda akses secara berkala. Informasi khusus akan disampaikan melalui surat elektronik secara langsung
- Judul dan abstrak tugas akhir/tesis/disertasi
- Untuk pelamar lulusan luar negeri, diwajibkan melampirkan surat keterangan penyetaraan ijazah dari Dikti Kemendikbud, atau surat keterangan telah mengajukan permohonan penyetaraan ijazah.
Pihak
Kementerian PAN-RB sebagaimana dikutip dari situs Setkab, Rabu
(28/8/2013), mengimbau peserta melakukan registrasi lamaran melalui
situs yang benar, serta mengisi formulir dengan benar dan lengkap.
Kesalahan
pengisian sehingga terjadi ketidaksesuaian dengan berkas digital
pendukung yang telah diunggah, akan mengakibatkan ketidaklulusan pada
tahap I (verifikasi administrasi).
Kebenaran isian serta berkas
digital yang diunggah, akan dicek pada saat verifikasi fisik sebelum
ujian tulis. Ketidaksesuaian data akan mengakibatkan peserta digugurkan
dan tidak diperkenankan mengikuti ujian tulis.
Dalam proses verifikasi, panitia tidak memiliki (dan tidak diberi) wewenang mengubah isian Anda.
Deputi
Bidang SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, tes
CPNS akan dibagi dalam dua metode, yaitu sitem yang menggunakan LJK dan
sistem CAT. (*)
Post a Comment