KETIKA BUDAYA BAIK DIANGGAP KETINGGALAN ZAMAN



*TALKSHOW "NGOPI" (Ngobrol Perkara Ilmu) OFF AIR RADIO YADARA 92,8 FM*
*________________________________________📻*
🗓 *Minggu, 7 April 2019*

*KETIKA BUDAYA BAIK DIANGGAP KETINGGALAN ZAMAN*

*Narasumber : Tgk Mustafa Kamal*
*Moderator    :  Tgk Muhammad Alfadhil*


*A. Pengertian Budaya*
 Dalam KBBI (kamus besar bahasa indonesia) budaya ialah pola pikir, kebiasaan, adat istiadat. Pengertian budaya adalah kebiasaan segenap masyarakat yang hidup dalam suatu komunitas tertentu.

Budaya dapat dibagi dalam 2 macam :
     => 1. Budaya yang baik
     => 2. Budaya yang tidak baik

*B. Hubungan budaya dan agama*
Sebagai umat yang beragama sudah barang tentu kita hidup dibawah aturan-aturan agama. Nilai ukur sebuah budaya yaitu berdasarkan sesuai atau tidaknya dengan ajaran agama.

Adat istiadat yang baik atau kebiasan yang baik ataupun budaya yang baik yaitu ketika hal tersebut sesuai dengan aturan-aturan agama yang kita cintai ini. Sedangkan budaya yang tidak baik adalah budaya yang menyalahi dengan norma-norma agama yang dibawa oleh Rasulullah SAW.


*C. Contoh budaya baik yang dianggap ketinggalan zaman*

Adapun contoh dari budaya yang baik yang sering dianggap ketinggalan zaman yaitu dalam tata cara berpakaian. Pakaian yang tertutup dan longgar seringkali dianggap sebagai gaya penampilan orang-orang terdahulu dan tidak modern. Sedangkan mengenakan pakaian yang terbuka cenderung menjadi sebuah kebanggaan dan dianggap sesuai dengan tren masa kini.

Namun perlu diketahui dalam masalah budaya khususnya tata cara berpakaian kebudayaan barat tidak bisa dijadikan sebagai rujukan bagi kita selaku umat islam, Karena keterbelakangan ataupun ketinggalan zaman tidak bisa diukur dengan hal-hal yang dapat merusak agama.

inti ketertinggalan yang sesungguhnya ialah gagal dalam suatu hal. letak kegagalan dalam berpakaian yaitu ketika dapat menimbulkan problem-problem yang negatif akibat dari pakaian yang dikenakan.

Semoga bermanfaat ☕🙂
Salam Sahabat Yadara.. 😊
SIlakan share 🌹

No comments