Puasa dan Keutamaannya


*TALKSHOW "NGOPI" (Ngobrol Perkara Ilmu) OFF AIR RADIO YADARA 92,8 FM*
*________________________________________📻*
🗓 *Minggu, 7 April 2019*


*Tema            : Puasa*
*Narasumber : Tgk Zumairi*
                      *: Tgk Wahyu Ilhami*
*Moderator    : Tgk Mulyadi*


☕ *Syarat Wajib Puasa*
        1). Islam
        2). Baligh
        3). Berakal
        4). Sanggup untuk berpuasa

☕ *Rukun puasa*
       1). Niat
       2). Menahan diri dari makan dan minum dan dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa.

☕ *Keutamaan niat puasa dan waktu melakukannya*

Niat merupakan kunci dari segala ibadah. Niat yang baik akan membuahkan kebaikan dan memperoleh balasan pahala dari Allah SWT. Pun begitu sebaliknya, niat yang jahat akan membuat pekerjaan yang dilakukan menjadi sebuah kejahatan dan mendapat dosa dari pekerjaan tersebut.

Dalam berpuasa niat menjadi salah satu rukun yang sangat penting untuk dijaga.  tanpa niat maka puasa yang dikerjakan tidak sah. Niat puasa di bulan ramadhan bisa dilakukan pada saat terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar.

Dalam fiqih mazhab Imam Syafi'i ibadah puasa dianggap sebagai ibada "musytakilla" ( ibadah terasing), maka tidak dibolehkan sekali niat untuk sebulan berpuasa. Artinya niat wajib dilakukan setiap malamnya di bulan suci ramadhan . Tatkala lupa berniat maka tidak sah puasanya dan wajib mengqadza di hari yang lain.

☕ *Hukum berpuasa bagi orang pitam/Kerasukan*

Bagi orang yang sedang berpuasa lalu ia kerasukan ataupun pitam maka tidaklah batal puasanya selama ia tersadar walau sesaat. Namun apabila seseorang yang hilang akalnya (gila) maka batallah puasanya. Sedang bagi orang yang tertidur maka puasanya tetap sah walaupun masa tidurnya sangat lama.

☕ *"Petuah-Petuah"*

▪Mari kita mempersiapkan diri dalam menyambut bulan suci ramadhan dengan penuh lapang dada. Dengan mempersiapkan mental, mempersiapkan bahan-bahan makanan dan lain sebagainya dan menyambut tibanya bulan ramadhan dengan penuh kegembiraan.

▪Mari kita usahakan agar puasa kita kali ini menjadi puasa yang sangat berkualitas dengan mempersiapkan diri sedini mungkin. Layaknya sebuah wadah yang akan menampung air maka demikianlah diri kita. Tampunglah rahmat dan kemuliaan di bulan suci ramadhan dengan hati dan jiwa  bersih.


Semoga bermanfaat ☕📻

No comments