UNSUR-UNSUR NERACA-AKTIVA TIDAK LANCAR

Pengertian Aktiva tidak lancar adalah aktiva yang mempunyai umur kegunaan relatif permanen atau jangka panjang (mempunyai umur ekonomis lebih dari satu tahun atau tidak habis dalam satu kali perputaran operasi perusahaan).

a.      AKTIVA TETAP BERWUJUD
Adalah aktiva – kativa yang berwujud yang sifatnya relatif permanaen yang digunakan dalam kegiatan perusahaan yang normal isitlah realtif permanent menunjukkan sifat di mana aktiva yang bersangkutan dapat digunakan dalam jangka waktu yang relatif cukup lama.
Aktiva tetap berwujud yang dimiliki oleh suatu perusahaan dapat mempunyai macam – macam bentuk seperti tanah, bangunan, mesin – mesin dapat alat – alat, kendaraan, mebel dan lain – lain.
Dari macam – macam aktiva tetap berwujud di atas untuk tujuan akutansi dilakukan pengelompokan sebagai berikut :
    1. Aktiva tetap yang umurnya tidak terbatas seperti tanah untuk letak perusahaan, pertanian dan peternakan.
    2. Aktiva tetap yang umurnya terbatas dan apabila sudah habis masa penggunaannya bias diganti dengan aktiva yang sejenis
    3. Aktiva tetap yang umurnya terbatas dan apabila sudah habis masa penggunaannya tidak dapat diganti dengan aktiva yang sejenis
Perinsip Penilaian Aktiva Tetap Berwujud Adalah jumlah kas atau setara kas yang dibayarkan atau nilai wajar imbalan lain yang diberikan untuk memperoleh suatu aktiva pada saat perolehan atau konstruksi sampai dengan aktiva tersebut dalam kondisi dan tempat yang siap untuk digunakan.
Harga Perolehan Aktiva Tetap Berwujud à Untuk menentukan besarnya harga perolehan suatu aktiva, berlaku prinsip yang menyatakan bahwa semua pengeluaran yang terjadi sejak pembelian sampai aktiva itu siap dipakai harus dikapitalisasi. Karena jenis aktiva itu macam – macam maka masing – masing jenis mempunyai masalah – masalah khusus yang akan dibicarakan berikut ini:

TANAH
Tanah yang dimiliki dan digunakan sebagai tempat berdirinya perusahaan dicatat dalam rekening tanah. Apabila tanah itu tidak digunakan dalam usaha perusahaan maka dicatat dalam rekening investasi jangka jangka panjang. Harga perolehan tanah terdiri dari berbagai elemen seperti :
a.       Harga beli
b.      Komisi pembelian
c.       Bea balik nama
d.      Biaya penelitian tanah
e.       Iuran – iuran (pajak – pajak) selama tanah belum dipakai
f.        Biaya merobohkan bangunan lama
g.       Biaya perataan tanah pembersihan dan pembagian
h.       Pajak – Pajak yang jadi beban pembelian pada waktu pembelian tanah

BANGUNAN
Gedung yang diperoleh dari pembelian, harga perolehannya harus dialokasikan pada tanah dan gedung. Biaya yang dikapitalisasi sebagai harga perolehan gedung adalah :
a.       Harga beli
b.      Biaya Perbaikan sebelum gedung itu dipakai
c.       Komisi pembelian
d.      Bea balik nama
e.       Pajak – Pajak yang menjadi tanggungan pembeli pada waktu pembelian

MESIN DAN ALAT – ALAT
Yang merupakan harga perolehan meisn dan alat – alat adalah
a.       Harga beli
b.      Pajak – pajak yang menjadi beban pembeli
c.       Biaya angkut
d.      Asuransi selama dalam perjalanan
e.       Biaya pemasangan
f.        Biaya – biaya yang dikeluarkan selama masa percobaan mesin

ALAT – ALAT KERJA
Alat – alat kerja yang dimiliki bias berupa alat – alat untuk mesin atau alat – alat tangan
Pattern dan dies atau Cetakan – Cetakan
Cetakan – cetakan yang dipakai untuk peroduksi dalam beberapa periode dicatat dalam rekening aktiva tetap dan didepresiasi selam umur ekonomisnya
Perabotan dan Alat – Alat Kantor
Pembelian atau pembuatan alat – alat harus dipisahkan – pisahkan untuk fungsi – fungsi produksi, penjulaan dan administrasi, sehingga depresiasinya dapat dibebankan pada maisng – masing fungsi tersebut.
Kendaraan
Seperti halnya perabot, maka kendaraan yang dimiliki juga harus dipisahkan untuk setiap fungsi yang berbeda
Tempat Barang yang Dapat Dikembalikan
Adalah barang – barang yang dipakai sebagai tempat dari produk yang dijual

INVESTASI JANGKA PANJANG
Pengertian investasi yaitu penanaman modal yang berupa uang ataupun aktiva lain dari perusahaan atau perorangan ke perusahaan lain untuk memperoleh keuntungan dan menambah kekayaan.
a. Macam-macam investasi terbagi atas dua, yaitu investasi jangka panjang dan jangka pendek. Adapun investasi jangka panjang adalah investasi yang masanya lebih dari lima tahun, sedangkan investasi jangka pendek adalah investasi yang masanya kurang dari satu tahun.
b.      Banyak macam instrumen investasi, diantaranya adalah:
1.     Deposito dan Tabungan
2.       Obligasi dan saham
3.       Obligasi ritel Indonesia
4.       Reksadana
5.       Sertifikat deposito
6.       Emas
7.       Properti
8.       Foreign exchange (forex)

b.      AKTIVA TAK BERWUJUD
1.      HAK PATENT
2.      HAK COPYRIGHT
3.      GOODWILL
4.      TRRADE MARK (MEREK DAGANG)

Klasifikasi aktiva tak berwujud:
Aktiva tak berwujud dibedakan menurut sifat kekhususan, masa manfaat, metode amortisasi dan hubungannya dengan kegiatan usaha.
Berdasarkan eksistensinya, aktiva tak berwujud dapat dikelompokkan dalam 2 (dua) kategori: (a) Aktiva tak berwujud yang eksistensinya dibatasi oleh ketentuan perundang-undangan, peraturan pemerintah, perjanjian yang dibuat antara para pihak atau sifat dari aktiva tersebut, misalnya hak paten, hak sewa, hak cipta, franchise yang terbatas, lisensi. (b) Aktiva tak berwujud yang masa manfaatnya tidak terbatas dan tidak dapat dipastikan masa berakhirnya, misalnya merk dagang, proses dan formula rahasia, perpetual franchise, goodwill.
Penilaian aktiva tak berwujud tergantung pada tujuan pelaporan :
Kalau tujuannya adalah untuk mengukur dan melaporkan aktiva tak berwujud secara keseluruhan dalam rangka penggabungan usaha, maka biasanya digunakan cara dengan menilai perusahaan secara keseluruhan dan kemudian mengurangi jumlah tersebut dengan nilai aktiva lain yang dapat diukur secara langsung. Cara seperti ini sifatnya subyektif, kecuali kalau nilai perusahaan dapat ditentukan secara obyektif di bursa saham.
Kalau tujuannya untuk melaporkan aktiva tertentu, maka pengukuran secara independen akan lebih bermanfaat.

c.       AKTIVA LAINNYA
Aktiva lain - lain adalah harta perusahaan yang tidak dapat digolongkan ke dalam aktiva lancar dan aktiva tetap. Aktiva lain - lain terdiri dari : Mesin dalam proses perbaikan, Gedung dalam proses pembangunan, dan lain - lain.
nurmalasari.sari9@gmail.com